Komponen Alat Masukan Pada Komputer

Input Device merupakan piranti masukan semua perangkat / periferal yang digunakan untuk memberikan data atau signal untuk suatu sistem informasi.

Perangkat input komputer perangkat masukan atau input device adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data-data dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut.


Komponen Perangkat Input Device Pada Komputer
Input Device

Berikut komponen-komponen input input (alat masukan) pada komputer


Baca juga artikel tentang alat keluaran / output device pada komputer


1. Keyboard

Keyboard adalah unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf angka karakter khusus serta sebagai media bagi user.


2. Mouse 

Mouse adalah salah satu unit masukan input device sendiri berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat selain itu dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard mouse digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasis GUI Graphical User Interface.


3. TouchPad 

Touchpad adalah berfungsi sama halnya dengan mouse itu unit masukan atau input device yang biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis nya yaitu pointing stick dan trackball.


4. Lightpen 

Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen atau monitor.


5. Joy stick dan Games Paddle

Joy stick adalah biasanya berbentuk tongkat sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.


6. Barcode Scanner 

Barcode Scanner fungsi untuk alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.


7. Scanner

Scanner adalah alat ini scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.


8. Kamera Digital 

Kamera Digital seiring dengan perkembangannya zaman teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.


9. Mikrofon

Mikrofon berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disampaikan dalam memori komputer.


10. Graphic Pads 

Graphic Pads merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

Komponen Alat Masukan Pada Komputer Komponen Alat Masukan Pada Komputer Reviewed by Tekinolpen on 11:28:00 PM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]