Macam-Macam Konstitusi Negara


Konstitusi suatu hukum dasar, apa bila di tinjau dari sifat-sifatnya dibedakan menjadi konstitusi arti material dan arti formal, konstitusi flaxibel dan rigid, Konstitusi tertulis dan tidak tertulis, dan konstitusi dalam arti relatif dan positif. Pengertian Konstitusi Arti Luasnya adalah keseluruhan aturan dan ketentuan (hukum) yang menggambarkan sistem ketatanegaraan suatu negara. 

Tiap-tiap konstitusi di jelaskan sebagai berikut:
http://tekinolpen.blogspot.com/2015/02/macam-macam-konstitusi-negara.html




A. Konstitusi Arti Material dan Arti Formal 
1)  Konstitusi arti material

 Dilihat dari segi isinya, konstitusi memuat hal-hal mengenai ketentuan-ketentuan pokok  

 atau dasar bagi rakyat dan negara yang bersangkutan.

2)  Konstitusi Arti Formal
Konstitusi Arti formal adalah konstitusi yang di tulis dalam bentuk naskah. Dalam hal ini, 
yang di pentingkan adalah prosedur dalam pembuatan konstitusi yang dilakukan secara 
istimewa, berbeda dengan pembuatan peraturan-peraturan lainnya.



B. Konstitusi Flaxibel (Luwes) dan Rigid (Kaku)
1)  Konstitusi Luwes


Konstitusi Luwes adalah apabila diperlukan perubahan konstitusi tida membutuhkan prosedur yang istimewa atau rumit. Perubahan itu cukup dilakukan oleh badan pembuat undang-undang biasa. Contohnya: perubahan konstitusi dapat dilakukan oleh DPR. Konstitusi disebut luwes apabila mudah mengikuti perkembangan zaman atau perubahan masyarakat. Contoh konstitusi luwes adalah di New Zealand, inggris, dan Indonesia.

2)  Konstitusi kaku
Perubahan konstitusi memerlukan prosedur yang istimewa atau rumit. Contohnya, perubahan minimal disetujui 2/3 anggota MPR dan minimal 2/3 yang hadir setuju dan harus dilaksanakan referendum. Konstitusi yang bersifat kaku tidak dapat mengikuti perkembangan zaman karena tidak hanya memuat hal-hal pokok saja, namun juga memuat hal-hal yang penting. 

UUD 1945 meskipun perubahannya membutuhkan prosedur istimewa, namun bersifat luwes karena memuat ketentuan yang bersifat pokok-pokok saja sehingga mudah mengikuti perkembangan zaman. Contohnya konstitusi kaku, antara lain, konstitusi di Negara Amerika serikat,Australia dan Swiss.

Menurut C.F Strong, kaku atau supelnya sebuah konstitusi ditentukan oleh “Apakah prosedur mengubah konstitusi sama dengan prosedur memuat undang-undang di Negara yang bersangkutan”. Konstitusi disebut supel jika dapat diubah dengan prosedur yang sama dengan prosedur pembuatan undang-undang, artinya dapat dilakukan badan legislatif sehari-hari. Konstitusi ini disebut rigid atau kaku jika konstitusi itu dapat diubah melalui prosedur yang berbeda dengan prosedur pembuatan undang-undang biasa, artinya tidak dapat dilakukan oleh badan legislatif sehari-hari.

C. Konstitusi Tertulis dan Tidak tertuli
1)  Konstitusi Tertulis
Konstitusi tertulis adalah konstitusi yang ditulis dalam bentuk naskah dan disebut dengan UUD. Negara-negara modern sekarang ini menggunakan konstitusi tertulis.
2)  Konstitusi Tidak Tertulis
Konstitusi tidak tertulis, artinya konstitusi tidak tertulis dalam bentuk naskah tertentu (UUD), melainkan terdapat dalam undang-undang biasa dan konvensi. Satu-satunya Negara yang nenggunakan konstitusi yang tidak tertulis adalah inggris.




D. Konstitusi Dalam Arti Relatif
Konstitusi dalam arti relatif adalah konstitusi yang dihubungkan dengan kepentingan suatu golongan tertentu didalam masyarakat. Misalnya golongan Borjulis liberal yang menghendaki adanya jaminan dari pihak penguasa supaya hak haknya tidak dilanggar. Jaminan itu diletakan di dalam UUD.




E. Konstitusi Dalam Arti Positif
Menurut Carl Schmit, Konstitusi dalam arti positif mengandung pengertian sebagai keputusan politik tertinggi berhubungan dengan pembuatan UUD yang menentukan nasib seluruh rakyat.

Sekian tentang Materi macam-macam Konstitusi Negara.

Macam-Macam Konstitusi Negara Macam-Macam Konstitusi Negara Reviewed by Azhar Mustofa on 10:03:00 PM Rating: 5

2 comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]