Dua Hacker Indonesia asal Jatim di Bekuk FBI

Seorang pemuda asal Surabaya di cari FBI, Hacker handal tersebut diduga membuat situs palsu guna untuk mencairkan dana COVID-19 di Amerika.


Dua Hacker Indonesia asal Jatim di Bekuk FBI


FBI langsung terbang ke Indonesia mencari seorang hacker yang berhasil mencuri data identitas warga Amerika. Kedua pemuda asal Surabaya itu berhasil membuat website palsu (Scampage) Pemerintah Amerika berhasil dibekuk di Jatim.

FBI bekerja sama dengan Polda Jatim untuk mencari hacker tersebut yang berhasil membuat website palsu Pemerintah Amerika. 


Kedua pemuda hacker itu diamankan oleh Polda Jatim. Dalam rilis yang digelar di Mapolda Jatim, turut hadir pihak FBI melalui Hubinter Mabes Polri. Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan ada tiga kejahatan yang dilakukan pelaku.

"Kasus ini diungkap Ditreskrimsus dan bekerja sama dengan FBI yang dikomunikasikan lebih dulu dengan Hubinter Mabes Polri. Tim cyber menyidik ada 2 orang tersangka yang ditangkap. Keduanya adalah warga negara Indonesia," terang Irjen Pol Nico, Kamis, (15/4/2021). 


Pertama, pelaku membuat website palsu, kemudian menyebarkan website palsu tersebut dan  mengambil data orang lain secara ilegal.Para pelaku mengirim SMS blast agar para warga Amerika mengklik tautan tersebut.


Setelah diklik, warga yang tertipu kemudian mengisi identitasnya. 

"Jumlah website palsu yang dibuat ada 14. Lalu disebar melalui SMS, dan SMS ini disebar menggunakan software atau SMS blast. Setelah diterima orang-orang ada yang tertipu dan ada yang tidak. Yang tertipu membuka link website dan mengisi data datanya," papar Nico.


Dari data palsu ini, lanjut Nico, digunakan untuk mendapatkan bantuan pandemi Covid-19 dari pemerintah Amerika Serikat. 

"Pengisian data itu dibuat tersangka untuk mengambil sejumlah uang. Yang mengisi data dan tertipu sebagian besar warga negara AS. Ini orang-orang yang kena tipu mengisi data bantuan Covid-19, apabila sesuai mendapat 2000 USD," tambah Nico.


Irjen Nico menyebut kedua tersangka merupakan warga Indonesia. Dalam kasus ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Mulai dari laptop, handphone, hingga beberapa kartu ATM milik pelaku.


Source : Surabaya.tribunnews

Dua Hacker Indonesia asal Jatim di Bekuk FBI Dua Hacker Indonesia asal Jatim di Bekuk FBI Reviewed by Tekinolpen on 1:46:00 AM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]