Ciri Ilmu Pengetahuan Alam

Pada Mata pelajaran SMA dulu saya sangat suka dengan pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
karna mempelajari tentang alam disekitar kita dan tata surya, disini saya akan membahas tentang  Ciri - Ciri Ilmu Pengetahuan Alam sebagai berikut.

Definisi Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah Ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam yang dapat dirumuskan kebenarannya secara empiris.

Ciri Ilmu Pengetahuan Alam


  1. Konkret
    Ilmu pengetahuan alam memiliki objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yang nyata dan dapat ditangkap oleh indera,
    Contohnya seperti, Tumbuhan, benda langit dan hujan.
  2. Logis
    Ilmu Pengetahuan alam dikembangkan berdasarkan cara berpikir logis. Cara berpikir logis adalah cara berpikir dengan menggunakan logika dan ajek.
  3. Objektif
    Hasil dari ilmu pengetahuan alam merulpakan suatu produk yang terhindar dari maksud-maksud tertentu pelaku (subjektif), baik itu berupa kepentingan seseorang maupun golongan.
  4. Empiris
    Ilmu Pengetahuan alam dan sains dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu suatu pengalaman konkret yang dapat dirasakan oleh semua orang dan dapat dibuktikan secarailmiah.
  5. Sistematis
    Baik kajian hasil penelitian atau kajian ilmiah, didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan berurutan.
  6. Teori - Teorinya berlaku umum
    Begitu banyak teori-teori sains yang lahir dari ilmuan yang mengkaji gejala-gejala alam.
    teori-Teori itu berlaku umum dan dapat diketahui oleh orang lain tanpa batas. 

Berikut ringkasan dari uraian materi tentang Ciri-Ciri Ilmu Pengetahuan Alam. Selamat belajar dan semoga kelak menjadi orang besar.
Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Ciri Ilmu Pengetahuan Alam Reviewed by Azhar Mustofa on 6:45:00 PM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]