Kriteria Prosedur Permohonan Bantuan PKH

Program Bantuan PKH ( Program Keluarga Harapan ) merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin (KM). Jadi masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan PKH keluarga miskin KM, Perangkat Desa yang membidanginya berhak menyeleksi kepada masyarakat yang benar benar KM dan disetorkan ke operator kabupaten untuk di validasi agar bisa masuk di keanggotaan PKH.
https://www.tekinolpen.my.id/2020/07/kriteria-prosedur-permohonan-bantuan-pkh.html

Masyarakat harus memenuhi kriteria kriteria sebagai penerima PKH, adapun kriteria dan prosedur permohonan bantuan PKH sebagai berikut:

  1. Keluarga sangat miskin (KSM) yang memiliki Ibu hamil (bumil) atau balita
  2. Keluarga sangat miskin (KSM) yang memiliki anak didik usia 6-18 Tahun (SD/SMP)  
  3. Keluarga sangat miskin (KSM) yang telah terdaftar dalam data BPS dan selanjutnya dilakukan verifikasi dan validasi data bps oleh para pendamping  dan operator di masing-masing Kabupaten.
  4. Yang terdaftar sebagai penerima bantuan adalah ibu dari KSM yang sesuai dengan Kriteria hasil verifikasi dan valdasi oleh pendamping PKH
Tujuan dan Misi besar PKH untuk menurunkan kemiskinan semakin mengemuka mengingat jumlah penduduk miskin Indonesia sampai pada Maret tahun 2016 masih sebesar 10,86% dari total penduduk atau 28,01 juta jiwa (BPS, 2016). Pemerintah telah menetapkan target penurunan kemiskinan menjadi 7-8% pada tahun 2019, sebagaimana tertuang di dalam RPJMN 2015-2019. PKH diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan untuk menurunkan jumlah penduduk miskin, menurunkan kesenjangan (gini ratio) seraya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Kriteria Prosedur Permohonan Bantuan PKH Kriteria Prosedur Permohonan Bantuan PKH Reviewed by Tekinolpen on 9:04:00 PM Rating: 5

3 comments

  1. Bisakah mengurus kip ( kartu indonesia pintar) tapi bukan pkh dan kks?

    ReplyDelete
  2. Bagaimana Cara mengusulkan PKH bagi masyarakat miskin, saya seorang sekretaris Desa Hilimbana Kecamatan Sogae'adu Kabupaten Nias. Dengan tujuan saya adalah supaya orang-orang miskin di Desa saya bisa saya daftarkan.

    ReplyDelete

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]