Cara Membuat Kabel UTP Kabel Straight dan Crossover

Kabel UTP  (Khususnya CAT 5/CAT5e) 
Cara Membuat Kabel UTP
Kabel UTP mempunyai kategori 5 atau 5e adalah tipe kabel yang paling reliable dan memiliki kompabilitas yang tinggi, kabel ini disarankan untuk digunakan pada kecepatan transfer 10 Mbps dan fast ethernet (100 Mbps). 

Konektor yang Bisa digunakan unutk kabel UTP CAT 5 adalah RJ-45 unutk koneksi komputer dikenal dengan dua tipe penyambungan kabel UTP yaitu kabel Stright dan crossover dua kabel tersebut mempunyai fungsi yang berbeda untuk setiap jenisnya. Kabel Stright digunakan unutk menghubungkan client ke hub/router, sedangkab Kabel Crossover untuk menghubungkan client ke client atau dalam kasus tertentu digunakan unutk menghubungkan hub ke hub.
Jika Kita ingin sharing komputer ke komputer lain atau memasang jaringan 1 ruangan maka kita harus menyiapkan kabel Stright dan crossover terlebih dahulu.

Berikut Cara Membuat Kabel UTP Kabel Stright dan Crossover

Kabel Stright
Metode pengkabelan ini digunakan untuk menghubungkan ujung satu dan ujung lain dengan satu warna, sebernarnya urutan warna dari masing-masing kabel tidak menjadi masalah, namun ada standar international yang digunakan untuk kabel stright. 

A. Warna Kabel 
1. Putih Oranye (PO)
2. Putih Hijau (PH)
3. PutihBiru (PB)
4. Putih Coklat (PC)
5. Biru (B)
6. Hijau (H)
7. Coklat (C)
8. Oranye (O)

Susunan Kabel Stright

PO
<>
O
PH
<>
B
PB
<>
H
PC
<>
C


B. Kabel Crossover
Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk menghubungkan dua perngkat jaringan dengan hierarki setingkat, misalnya koneksi antar PC ke PC, atau Router ke Router. 
Warna Kabel 
1. Putih Oranye (PO)
2. Putih Hijau (PH)
3. PutihBiru (PB)
4. Putih Coklat (PC)
5. Biru (B)
6. Hijau (H)
7. Coklat (C)
8. Oranye (O)

Susunan Kabel Crossover


PH
<> 
H
PC
<> 
B
PB
<> 
O
PC
<> 
C
 


Gambar Kabel Stright dan Crossover



Cara Membuat Kabel UTP Kabel Straight dan Crossover Cara Membuat Kabel UTP Kabel Straight dan Crossover Reviewed by Azhar Mustofa on 11:13:00 AM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]