Sistem Transmisi Manual

TRANSMISI MANUAL
Transmisi Manual adalah sistem transmisi otomatis yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan atau menarik seperti pada sepeda motor pada saat menekan kompling, atau pada mobil saat menginjak kopling menukar gigi percepatan secara manual.

Gambar 1.1







Gigi percepatan dirangkai dalam kotak gigi/gerbok untuk beberapa kecepatan biasanya antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R).
Gigi kecepatan dapat diatur dimana kita melintasi jalan yang lurus,nurus dan menanjak jika menanjak kita menggunakan gigi yang paling rendah jika tanjakannya semakin tinggi maka dapat menggunakan gigi no 1, apa bila keadaan jalan temurunan dapat mengoper mengurangi gigi supaya pengereman dibantu dengan penurunan gigi, kalau jalan standar/lurus tergantung pengemudinya.

Synchromesh
Synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamankan antara putaran gigi yang akan disambung sehingga perpindahan gigi percepatan akan dapat berjalan dengan mulus.
Gambar 1.2
Sistem Transmisi Manual Sistem Transmisi Manual Reviewed by Azhar Mustofa on 9:59:00 AM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]