Sistem Operasi dan Sejarahnya

 
Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. komputer dengan perangkat. sebelum ada operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan singanl analog dan signal digital. 
seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai system operasi dengan keunggulan masing - masing. Untuk memahimi sistem operasi maka sebaliknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi sendiri.
Pengertian SISTEM OPERASI secara umum adalah Pengelolo sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan kumpulan layanan (Sistem Calls) kepada pemakai sehingga mengunakan dan menyamankan pengguna serta pemnanfaatan sumber daya sistem komputer dapat lebih oktimal.

SEJARAH SISTEM OPERASI
Generasi Pertama  (1945 - 1955) 
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputer elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik.
Generasi Ke Dua  (1955 - 1965) 
Generasi ke dua memperkenalkan prosesing sistem, yaitu job yang dikerjakan dalam 1 rangkaian lalu di eksekusi cara berurutan. pada generasi ini sistem komputer belum di lengkapi dengan sistem operasi tetapi beberapa fungsi fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi adalah  FMS & IBSYS.
Generasi ke Tiga  (1965 - 1980)                                                                                                  
Pada generasi ini perkembangan untuk menjalani banyak pemakaian sekaligus dimana para pemakai interaksi berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
Generasi ke Empat  (Pasca 1980-an)
Sistem operasi ini di gunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lain.

JENIS - JENIS SISTEM OPERASI
Sistem Operasi MS-DOS
Sistem Operasi MS-DOS di kembangkan oleh Bill Gate dan Paull Allen pada tahun 1981.
    Sistem Operasi Microsoft Windows                                                                                 
    Dapat dikatakan bahwa sistem operasi Microsoft Windows mendominasi dunia komputer.
    Sistem Operasi Mac OS                                                                                                           
    Mac OS kependekan dari Machintos Operating System. Sistem operasi berbasis GUI ini dirilis oleh perusahaan Aplle komputer pada tahun 1984.
      Sistem Operasi LINUX                                                                                                    
      LINUX merupakan perkembangan dari UNIX. Sistem operasi ini awalnya dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia. 
      Sistem Operasi dan Sejarahnya Sistem Operasi dan Sejarahnya Reviewed by Azhar Mustofa on 7:37:00 PM Rating: 5

      No comments

      Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

      Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]