Pengertian Sistem Informasi dan fungsinya

Sistem adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. 
http://tekinolpen.blogspot.com/2017/09/pengertian-sistem-informasi-dan-fungsinya.html

Sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistesm, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolahan sistem dan sasaran sistem. Sedangkan informasi adalah data yang diolah menjadi lebih berguna dan berarti bagi penerimanya, serta untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan. Sist informasi merupakan kombinasi teratur dari orang-orane hardware, software, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi. 

Fungsi Sistem Informasi 
1)      Untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa dengan perantara sistem informasi.
2)      Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.
3)      Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
4)      Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi.
5)      Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi ekonomi.
6)      Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
7)      Mengembangkan proses perencanaan yang efektif. 


Komponen-komponen dari sistem informasi adalah sebagai berikut:
1)      Komponen input adalah data yang masuk ke dalam sistem informasi.
2)      Komponen model adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3)      Komponen output adalah hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
4)      Komponen teknologi adalah alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem.
5)      Komponen basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
6)      Komponen kontrol adalah komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi. 

  Ciri-ciri Sistem Informasi
     1) baru dalah informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima.
    2)      Tambahan, adalah informasi dapat diperbarui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya telah ada.
    3)      Kolektif adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya .
    4)      Penegas, adalah informasi yang dapat mempertegas informasi yang telah ada.



Pengertian Sistem Informasi dan fungsinya Pengertian Sistem Informasi  dan fungsinya Reviewed by Tekinolpen on 7:58:00 PM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]