Pengertian dan Proses Siklus Hidrologi

Hidrologi merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang mempelajari lapisan air di bum, pembahasan hidrologi meliputi asal air, proses alam lain yang menyertai, dan dinamika air.
   Siklus Hidrologi adalah gerakan perputaran air berupa perubahan wujud air serta perubahan tempat hingga kembali ke wujud dan tempat semula.

Komponen Siklus Hidrologi

  1. Evaporasi : yaitu proses penguapan air dari permukaan bumi baik berasal dari perairan darat maupun perairan laut.
  2. TransPirasi : yaitu air yang menguap dari tumbuh-tumbuhan melalui permukaan daun.
  3. Evapotranspirasi : yaitu proses penguapan air yang berasal dari gabungan proses evaporasi dan transpirasi. Evapotranspirasi  di bagi menjadi dua faktor antara lain :  A. Evapotranspirasi  aktual yaotu penguapan air yang di pengaruhi oleh kondisi tumbuhan dan kondisi tanah.             B. Evapotranspirasi potensial yaitu penguapan yang dipengaruhi oleh kondisi meteorlogi seperti, intensitas radiasi matahari, kondisi udara dan air. 
  4. Kondensial yaitu siklus air yang terjadi saat pembentukan awan. 
  5. Presipitasi yaitu yaitu proses turunnya titik-titik air dari awan karena sudah mencapai titik jenuh.
  6. Intersepsi yaitu, air hujan yang tertahan pada daun dan batang tumbuh-tumbuhan.
  7. Infiltrasi dan Perkolasi yaitu, merupakan proses pergerakan air hujan yang di dalam tanah. 
  8. Aliran permukaan yaitu, air hujan yang tidak meresap ke dalam tanah sehingga megalir di permukaan tanah.
Jenis Siklus Hidrologi
Siklus air memiliki pola sama akan tetapi, perbedaan jenis siklus air dipengaruhi kondisi cuaca dan iklim.

  1. Siklus Pendek : yaitu siklus pendek karena jangkauannya distribusio air yang dekat dan pola terjadinya sangat singkat.
  2. Siklus Sedang : yaitu proses ini di awali dengan menguapkan air laut, titik-titik uap air menggumpal menjawi awan dan tertuitup.
  3. Siklus Panjang : yaitu siklus hidrologi panjang memiliki jangkauan lebih luas. 

Pengertian dan Proses Siklus Hidrologi Pengertian dan Proses Siklus Hidrologi Reviewed by Tekinolpen on 4:35:00 PM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]