Pengertian Dasar Negara

Setiap Negara Didirikan atas dasar falsafah tertentu, Falsafah adalah perwujudan atau cerminan dari cita-cita atau keinginan dan watak dari rakyat atau bangsa. Setiap Negara mempunyai falsafah yang berbeda dengan negara lain. ini tergantung denga cara pandang, cita-cita. idealisme,jiwa dan kepribadian bangsa atau negara yang bersangkutan. oleh karena itu, dasar negara merupakan "Philosophische grondslag" atau dasar falsafah negara.

Falsafah atau filsafah, Berasal dari bahasa yunani. Kata Falsafah ini berasal majemuk, yaitu berasal dari kata "philos" yang berarti Sahabat dan kata "Sophia" yang berarti pengetahuan yang bijak sana.
Jadi, Philosophia (falsafah), Menurut Arti katanya adalah cinta kepada pengetahuan yang bijaksana. Dengan demikian, dasar falsafah berarti pedoman pikiran/pengetahuan yang bijak sana.
 Istilah dasar "dasar negara" memiliki padanan kata philosophische grondslag (Belanda) dan weltancshauung (Jerman).
Pengertian Dasar Negara
Berikut beberapa pengertian ideologi
  1. Ideologi adalah serangkaian gagasan dasar dan sistematis tentang hakikat manusia, kehidupan ekonomi, dan hakikat masyarakat yang di percaya oleh para pendukungnya dan dijadikan pedoman dalam menentukan sistem pemerintahan negara serta tingkah laku politik yang dianggap tepat.
  2. Ideologi adalah Sistem pedoman hidup yang berisi kepercayaan-kepercayaan dan tujuan-tujuan yang menjiwai gaya dan tindakan politik para pendukungnya.
  3. Menurut Adolf  Heuken (1988: 125), ideologi adalah konsensus (mayoritas) warga negara tentang nilai-nilai dasar negara yang ingin diwujudkan dengan mengadakan negara mereka itu.

Berdasarkan beberapa Definisi diatas menunjukan bahwa ideologi selalu berupa gagasan-gagasan yang memiliki sifat-sifat pokok. diantaranya sebagai berikut: 
  • Gagasan - gagasan di dalam ideologi bersifat sistematis, artinya gagasan tersebut tersusun secara terpadu yang unsur-unsurnya tidak bertentangan satu sama lain.
  • Gagasan - gagasan di dakan ideologi berfungsi atau digunakan oleh penganutnya sebagai pedoman, dalam kehidupan bernegara.
  • Gagasan - gagasan yang ada dalam sebuah ideologi masih berupa gagasan dasar atau umum, sehingga memerlukan penjabaran agar dapat dilaksanakan secara operasional.
Berikut Conoth Konkret penerapan ideologi oelh beberapa Negara
  • Pada umumnya, Bangsa Amerika dan Bangsa-bangsa Barat lainya, menganut ideologi liberal sehingga sistem ekonominya menjadi kapitalisme.
  • Sampai tahun 19990-a, kebanyakan bangsa-bangsa Eropa Timur masih menganut ideologi sosialisme dan/atau komunisma/marxisme. Bahkan, Cina (RRC) dan Korea Utara sampai saat ini masih menganut ideologi komunis.
  • Sejak kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945, Bangsa dan Negara Indonesia menganut Ideologi Pancasila.
Oleh karenanya setiap negara yang merdeka dan berdaulat dapat dipastikan memiliki dasar negara yang berbeda. Perbedaan dasar negara tersebut sangat di pengaruhi oleh nilai-nilai sosial budaya, patriotisme, dan nasionalisme yang telah terkristalisasi dalam perjuangan unutk mewujudkan cita-cita dan tujuan negara yang hendak dicapainya.
Pengertian Dasar Negara Pengertian Dasar Negara Reviewed by Azhar Mustofa on 2:02:00 PM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]