Jenis - Jenis Jaringan Komputer Lengkap

Jaman yang semakin canggih semuanya hampir menggunakan teknologi, Bisnis-bisnis menggunkan jaringan internet.Dengan ini Tekinolpen akan menjabarkan tentang jenis-jenis Jaringan Komputer.


Secara umum jaringan komputer terdiri dari 5 jenis yaitu:

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran hingga beberapa kilometer. 
Pengertian pendeknya adalah jaringan yang hanya mencakup satu gadung.
LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi atau workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai sumber daya (resource) seperti printer secara bersama-sama, dan saling bertukar informasi.

2. Metroplitan Area Network (MAN)

Metroplitan Area Network (MAN) Merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.
MAN dapat mencakup kanttor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. 
Pengertain singkatnya adalah Jaringan yang dapat mencakup gedung ke gedung lain. 
MAN mampu dapat menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) Memiliki jangkauan yang mencakup daerah geografis yang luas. WAN mampu melingkupi sebuah negara bahkan benua.
Pengertian Pendeknya adalah Jaringan yang sangat luas bisa melingkupi ke semua wilayah atau negara bahkan benua. Jenis-Jenis jaringan ini terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan komputer di dunia. Seringkali jaringan-jaringan tersebut menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda. Orang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang juga terhubung ke suatu jaringan lain. keinginan seperti ini memerlukan hubungan antara jaringan yang seringkali tidak compatible dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut dengan Gateway guna menghubungkan jaringan yang berbeda dan menerjemahkan data dari perangkat keras maupun perangkat lunak yang berbeda tersebut. 
Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan Internet.  

5. Wireles Jaringan Tanpa Kabel

Jaringan Tanpa Kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. misalnya seorang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di dalam mobil atau pesawat terbang mutlak memerlukan jaringan tanpa kabel karna koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat didalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah umum digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. 

Tambahan Tentang Jaringan PAN
PAN (Personal Area Network) Jenis Jaringan PAN yaitu Hubungan antara dua atau lebih sitem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya jaringan ini hanya mencakup 4 sampai 6 meter. Jenis jaringan ini sering kita gunakan tetapi banyak yang belum tau apasih tentang jaringan ini, contohnya kita menggunakan hp disambungkan ke komputer hp tersebut dijadikan modemnya.

Berikut Pengertian lainnya tentang Topologi Jaringan:
Definisi Topologi Bus

Definisi Topologi Ring

Definisi Topologi Star

Gunakan Internet anda dengan benar dan jangan sampai disalah gunakan sekian artikel tentang Jenin-Jenis Jaringan Komputer Lengkap.
Jenis - Jenis Jaringan Komputer Lengkap Jenis - Jenis Jaringan Komputer Lengkap Reviewed by Azhar Mustofa on 2:26:00 PM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]