Sejarah Komputer


http://tekinolpen.blogspot.com/2014/08/sejarah-komputer.html

SEJARAH PERKMBANGAN KOMPUTER

Penemu pertama komputer adalah Charles Babbage ia menemukan komputer sebagai mesin penghitung yang dikenal dengan sebutan Differenc Angine no 1. Differenca angine adalah sebagai kalkulator otomatis, dengan penemuan ini Charles Babbage disebut sebagai penemu komputer pertama, jadi dengan penemuannya itu Charle Babbage dijuluki dengan Bapak Komputer.

Pada Tahun 1822: Seorang ilmuan yang bernama Charles Babbage mengungkapkan idenya alat yang memiliki penghitungan yang canggish dan otomatis pada kompleksitas yang rumit.

Tahun 1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry di tahun tersebut sudah memulai membuat desain komputer digital elektronik pertama. Kemudia alat itu di beri nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). Alat ini cuma bisa menghitung penambahan dan penguranagn.

Tahun 1943: Pada tahun 1943 adalah saat masa Perang Dunia Ke 2 dan seorang olmuan asal inggris ALAN TURING, Alan Turing membuat desain komputer elekronik perencangan ini untuk keperluan Militer inggris. komputer militer, alat tersebut ditujukan unutuk membobol kode pertahanan jerman.

Tahun 1944: Howard Hathaway Aiken seseorang kebangsaan Amerika membuat sebuah komputer dinamai Mark 1. Komputer ini adalah mempunyai kemampuan hitung digital pertama. Tetapi ukuran komputer ini sangat besar ukurannya mencapai 7,45 kaki x 50 kaki, memiliki bobot sekitar 5 ton. Keunggulan dari Mark I ini dapat menghitung probabilitas. Ditahun selanjutnya 1945 Dr. John von Neumman menulis sebuah ide trobosan tentang penyimpanan data pada komputer, tetapi pada waktu itu masih berupa ide.

Tahun 1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert,jr. mereka mulai membuat komputer bersekala besar pertama. Komputer itu diberinama ENIAC ( Elektronic Numerical Integrator And Computer )
Karena penemuan ini sangat fenomenal kedua orang itu disebut sebagai penemu Komputer digital pertama. Ukuran Komputer Digital pada saat itu tidak berbada jauh dengan Mark I ukurannya mencapai 30 kaki x 50 kaki dan memiliki berat 30 ton serata terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar). Untuk menghidupkannya memerlukan tegangan listrik 160.000 watt. ENIAC komputer jauh lebih maju dari pada Mark I hanya dapat menhitung. keunggulan ENIAC tidak hanya dapat menghitung,mengurang,kali,bagi namun komputer ini sudah dapat diprogram untuk menjalankan proses sederhana.

Tahun 1951: The U.S  Bureau Of Census menginstal komputer comersial pertama denagn nama UNIVAC (Universal Automatic Computer). Komputer ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.

Tahun 1947: William Shockley, Jhon Barden, dan Walter Brattain  Mereka adalah peran tokoh - tokoh penting dalam perkembangan komputer dan mereka adalah penemu transistor pertama di dunia. karena Penemu transistor tersebut ukuran  komputer yang semakin hari semakin kecil seperti sekarang ini.



       


Sejarah Komputer Sejarah Komputer Reviewed by Azhar Mustofa on 9:34:00 AM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]