Definisi Manajemen


Manajemen berasal dari kata bahasa inggris yaitu Management artinya Mangatur/mengurusi dengan kata kerja to Manage yang secara umum berarti mengurusi. Dalam arti khususnya yaitu manajemen manajemen di pakai bagi pimpinan dan kepemimpinan, aitu orang - orang yang melakukan kegiatan memimpin, disebut "manajer".
Untuk mengartikan dan mendefinisikan manajemen dari berbagai literatur dapat dilihat dari tiga pengertian, yaitu:

1. Pengertian Sebagi Suatu Proses

Menurut George R.Terry
Manajemen adalah cara pencapaian tujuan yang telah
ditentukan terlebih dahulu melalui kegiatan orang lain.

Menurut Haiman 
yaitu Fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui orang lain,
mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu yang telah dilakukan

Menurut Stoner 
Stoner mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengawasi usaha - usaha dari anggota organisasi dan sumber-sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Menurut Mary Parker Follet
Mendefinisikan manajemen sebagai suatu seni
untuk melakukan sesuwatu melalui orang lain.

1. Manajemen Sebagai Suatu Koliktivitas 
Yaitu merupakan suatu kumpulan orang - orang yang bekerja sama untuk mencapai tuuan bersama. Adanya tingkatan kepmimpinan (pimpinan atas, menengah, dan bawah)

3. Manajemen Sebagai Ilmu dan Seni
 Ilmu adalah sekumpulan pemgetahuan yang telah disistematisasikan, dikumpulkan, diterima menurut pengertian kebenaran umum mengenai keadaan suatu subjek dan objek tertentu

science management adalah manajemen yang menggunakan
ilmu dan sceientific method.

Sceientific method merupakan suatu pendekatan yang tepat terhadap suatu objek ilmu dan tujuan utamanya ialah untuk menambah pengetahuan yang sudah ada.

 Manjer ialah seorang ilmuan dan sekaligus seniman, yang mengandalkan diri pada ilmu, ia pun harus mempunyai "firasat, keyakinan-keyakinan, kreativitas" dan menguasai cara-cara "penerapannya".

Table 1.1  Perbedaan Antara Science dan Art
NO
Science/Ilmu
Art/Seni
1
Berkembang secara teoritis
Berkembang secara praktis
2
Membuktikan
Merasa
3
Meramalkan
Menerka
4
Memberikan Definisi
Menguraikan/mengajarkan
5
Memberikan kepastian/ukuran
Memberikan pendapat
 
Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu mengajarkan kita tentang sesuatu, sedangkan seni/Art mengajarkan kita bagaimana sesuatu hal dilakukan/cara agar mencapai sesuatu.
Definisi Manajemen Definisi Manajemen Reviewed by Azhar Mustofa on 10:38:00 AM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]