Contoh Format Survey Harga Bahan dan Alat

Perencanaan dalam pembangunan fisik di sebuah instansi harus memiliki syarat syarat yang lengkap salah satunya adalah surat survey harga bahan bangunan dan alat yang diperlukan.

(RAB) Rencana Anggaran Biaya merupakan sebuah acuan untuk metode penyajian rencana biaya yang harus dikeluarkan dari awal pekerjaan dimulai hingga pekerjaan tersebut selesai dikerjakan. 


Contoh Format Survey Harga Bahan dan Alat


RAB itu sendiri harus bisa mencakup dari semua kebutuhan pekerjaan tersebut, baik itu biaya bahan (material) atau alat yang diperlukan, biaya alat (Sewa atau beli), Upah Pekerja, dan biaya lainnya.

Secara garis besar RAB terdiri dari 2 Komponen utama yaitu :


1.Volume pekerjaan dan Harga satuan Pekerjaan Volume pekerjaan dapat diperoleh dengan cara melakukan perhitungan dari gambar rencana yang tersedia atau berdasarkan kebutuhan real di lapangan.


2.Sedangkan Harga satuan didapat dari analisa harga satuan dengan mempertimbangkan banyak hal, diantaranya: Bahan atau material. 


Dalam harga bahan harus sesuai dengan kondisi dilapangan dan harus turut memperhitungkan fluktuasi harga serta ketersediaan bahan atau material tersebut dipasaran. Download Format Survey Harga Satuan Bahan atau Alat Pembangunan yang ingin mendownload format tersebut link ada dibawah.


Selain itu, Faktor susut atau Faktor kehilangan material juga harus turut diperhitungkan mengingat hal tersebuat akan berpengaruh cukup besar pada biaya. Upah Tenaga Kerja Penetapan biaya Tenaga kerja dipengaruhi beberapa hal seperti, kondisi tempat kerja, lama waktu kerja, dan keterampilan tenaga kerja itu sendiri.


Download Berita Acara Penyerahan Barang


Anda yang sedang mencari format survey harga bahan dan alat silahkan bisa download pada link di bawah ini. 

Download Format Survey Harga Bahan dan Alat 

FILE DOC/EXCEL


Contoh Format Survey Harga Bahan dan Alat Contoh Format Survey Harga Bahan dan Alat Reviewed by Tekinolpen on 4:05:00 AM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]