Donald Trump Akui Yerusalem Sebagai Ibu kota Israel

Keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menetapkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keputusan tersebut sangat "bertentangan" dengan kebijakan luar negeri AS yang telah berjalan selama tujuh dekade. 
http://tekinolpen.blogspot.com/2017/12/donald-trump-akui-yerusalem-sebagai-ibu-kota-israel.html
Presiden Amerika Serikat/Donald Trump

Pengumuman Trump sekaligus menandai langkah awal pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke yerusalem. "Hari ini, akhirnya kita mengakui hal yang jelas: bahwa yerusalem adalah ibukota Israel. Ini tidak lebih dari sekedar pengakuan akan realitas. Ini juga hal yang tepat untuk dilakukan. Ini hal yang harus dilakukan," ujar Trump saap pidato di Diplomatic Reception Room, Gedung Putih seperti dikuti dari nytimes.com kamis (7/12/2017).

Selama tujuh dekade, AS bersama dengan hampir seluruh negara lainnya di dunia, menolak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota israel sejak negara itu mendeklarasi pendirianya pada 1948. Sementara, menurut Trump, kebijakan penolakan tersebut membawa seluruh pihak "tidak mendekati kesepakatan damai anatar Israel-Palestina. 

"Akan menjadi kebodohan untuk mengasumsikan bahwa mengulang formula yang sama persis sekarang akan meenghasilkan kesimpulan yang berbeda atau lebih baik," ungkap Presidan ke-45 AS tersebut.

Pengakuan terhadap yerusalem, menurut Trum adalah "sebuah pengakuan langkah terlambat untuk memajukan proses perdamain".

Trump sebelumnya telah bersumpah akan menjadikan perantara "kesepakatan akhir" antara israel dan Palestina. Terkait hal ini, ia menegaskan bahwa dirinya tetap berkomitmen untuk melakukan hal tersebut  mengingat "itu sangat penting bagi israel dan palestina". 

Ayah lima anak itu mengatakan keputusannya untuk mengakui Yerusalem sebagai sebagai ibu kota Israel tidak seharusnya ditafsirkan bahwa AS mengambil posisi atau bagaimana kota itu akan dibagi.

"Dalam pengumuman ini, saya ingin mempertegas satu hal keputusan ini tidak dimaksudkan dengan cara apa pun, untuk menunjukan penarikan diri dari komitmen kami untuk memfasilitasi kesepakatan perdamain abadi. Kami menginginkan sebuah kesepakatan yang menjadikan kesepakatan baik bagi israel maupun palestina. 

"kami akan mengambil posisi untuk status akhir pada isu-isu tertentu, termasuk perbatasan spesifikasi kedaulatan israeldi Yerusalem atau resulisi perbatasan yang diperdebatkan. Itu menjadi urusan pihak-pihak yang terlibat," ujar Trump

Sebagai gantinya, Trump menekankan dimensi politik dalam negeri atas keputusan tersebut. Ia mengatakan bahwa dalam kampanye Pilpres 2016, ia telah berjanji untuk memindahkan Kedubes AS ke Yerusalem yang berarti mengakui kota itu sebaga ibu kota Israel. 

"presiden-presiden sebelumnya telah menjadikan itu sebagai janji utama dalam kampenye mereka, tapi mereka gagal mewujudkannya. Hal ini saya melakukannya," Tutur suami dari Melina tersebut.

Meski tidak disinggung dalam pidatonya, Trump dilaporkan akan tetap menandatangani perintah suspensinya per enam bulan untuk menunda kepindahan Keduber AS ke Yerusalem. Pejabat Gedung Putih menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan mengingat waktu beberapa tahun untuk "memboyong" misi diplomatik AS ke Yerusalem.

Trump menyadari pertentangan yang timbul atas keputusan. "jadi hari ini, kami seharusnya agar ketenangan, sikap menahan diri, suara-suara toleransi harus menang atas penebar kebencian".

Pengakuan Trump atas Yerusalem dinlai mengisolasi AS dalam hal salah satu isu diplomatik paling sensitif di dunia. Sebelumnya, wacana Trum telah timbulkan badai kritik dari para pemimpin negara-negara Arab dan Eropa. 

Donald Trump Akui Yerusalem Sebagai Ibu kota Israel Donald Trump Akui Yerusalem Sebagai Ibu kota Israel Reviewed by Tekinolpen on 10:16:00 AM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]