Pengertian Tajwid & Hukumnya

Pengertian Tajwid Secara Bahasa adalah membaguskan atau memperindah sedangkan menurut istilah adalah kaidah atau tatacara membaca al-qur'an dengan sebaik baiknya.

Tujuan ilmu tajwid adalah memelihara bacaan Al-Qur'an dari kesalahan dan perubahan serta menjaga lisan serta menjaga lisan dari membaca al-qur'an.

HUKUM TAJWID
 Mempelajari Ilmu tajwid hukum nya adalah Fardhu Khifayah, maksudnya kewajiban yang harus ditunaikan minimal dikerjakan oleh satu orang maka lepaslah kewajiban semua orang suatu tempat.
Sedangkan hukum membaca Al-Qur'an dengan Tajwid adalah Fardhu 'Ain, yaitu wajib bagi semua orang Islam.
Maksudnya Fardhu 'Ain setiap orang islam wajib membaca Al-Qur'an sesuai dengan ketentuan dan kaidah tajwid tetapi tidak harus mengetahui nama dan hukum tajwid secara detail dan mendalam.

DALIL TENTANG TAJWID
Dalil yang pertama dimbil dari Al-Qur'an : Allah SWT berfirman yang artinya "Dan baca Al-Qur'an itu denagn perlahan/tartil (bertajwid)" QS:Al-Muzzammil (73):4 Ayat ini jelas: Memerintahkan Nabi Muhammad untuk membaca Al-Qur'an yang diturunkan kepadanya dengan artil, yaitu memperindah pengucapannya setiap huruf - hurufnya (bertajwid).

Yang Kedua dalil as sunnah ( hadist ). Dalam hadist yang diriwayatkan dari Ummu Salamah r.a
( istri Nabi SAW ) ketika beliau ditanya tentang bagai mana bacaan dan salat Rasulullah SAW, maka beliau menjawabnya : Ketahuilah bahwa baginda s.a.w salat kemudia tidur yang lamanya sama seperti ketika salat tadi, kemudian baginda kembali salat yang lamanya sama seperti ketika beliau tidur tadi, kemudian tidur lagi yang lamanya seperti ketika beliau salat tadi hingga menjelang subuh.

Yang Ketiga adalah dalil ijma ulama adalah telah sepakat para ulama dari zaman Rasululloh sampai zaman sekarang, bahwa membaca al-qur'an, dengan bertajwid adalah sesuatu yang fardhu dan wajib.

hukum bacaan nun mati atau tanwin
Nun mat/tanwin apabila bertemu huruf-huruf hijaiyyah hukum bacaanya ada empat macam, yaitu : Idhhar, Idqham, Iqlab, Ikhfa.

Idhar artinya : Jelas atau terang
Idgham artinya : memasukan atau melebur
Iqlab artinya : membalik atau mengganti
Ikhfa artinya : menyamarkan atau menyembunyikan bunyi nun mati atau tanwin.
   



Pengertian Tajwid & Hukumnya Pengertian Tajwid & Hukumnya Reviewed by Azhar Mustofa on 1:34:00 PM Rating: 5

No comments

Berkomnterlah Sesuai Artikel Diatas

Image Link [https://1.bp.blogspot.com/-jwhNfOlI2zU/XuEPpoXqewI/AAAAAAAAF4Q/mDg9jLj-gvEZk8860uET4bL3DpkB-O1YQCLcBGAsYHQ/s1600/tnp.jpg] Author Name [Tekinolpen] Author Description [Blog ini berisi tentang teknologi, informasi, tutorial, spesifikasi, administrasi desa, download, dan informasi lowongan kerja ] Facebook Username [#] Twitter Username [#] GPlus Username [#] Pinterest Username [#] Instagram Username [#]